Kamis, 08 April 2010

KEMAH DA'WAH PELAJAR

KEDAPER I

KEMAH DA’WAH PELAJAR
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia 

Upaya peningkatan kualitas sumber daya muslim dikalangan pelajar, baik aspek ruhani,jasmani, fikri, maupun mental emosional dengan metode yang islami.

A.         LATAR BELAKANG
Masa remaja yaitu masa peralihan antara anak dan dewasa, adalah masa yang harus mendapatkan perhatian serius dari kalangan orangtua, pendidik dan masyarakat luas. Karena bila seseorang gagal melalui tugas perkembangan pada usia yang sebenarnya maka pada tahap perkembangan berikutnya akan terjadi masalah pada diri seseorang tersebut.
Diantara ciri-ciri remaja adalah :
Ø  Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
Ø  Emosinya tidak stabil
Ø  Perkembangan Seksual sangat menonjol
Ø  Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
Ø  Terikat erat dengan kelompoknya

Peran serta masyarakat terhadap remaja harus lebih itingkatkan, apalagi jika kita lihat kondisi negeri ini yang mengalami krisis ekonomi sejak tahun 1997 dan belum pulih sampai sekarang turut mempengaruhi juga anggaran pendidikan Indonesia. Hasilnya adalah menurunnya mutu pendidikan pada saat guru berupaya mencari tambahan penghasilan. Di lain pihak, ribuan anak terpaksa drop-out sekolah sesudah krisis menghantam Indonesia. Sedikitnya ada dua krisis besar pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia saat ini. Yang pertama, adalah kesempatan belajar itu sendiri yang semakin menurun sebagai dampak berbagai krisis dalam negeri. Sebuah laporan terbaru badan dunia untuk anak, Unicef, menyebutkan bahwa jutaan anak Indonesia menderita karena berbagai pertikaian, serta krisis ekonomi dan sosial yang berkepanjangan.

Hal tersebut masih ditambah lagi dengan krisis demoralisasi, dari mulai gaya hidup konsumerisme, hedonisme, sekularisme, minuman keras, narkoba, perkelahian pelajar sampai dengan seks bebas. Dikatakan oleh Prof dr Ichrodjuddin Nasution dalam pidato pengukuhan guru besar farmakologi klinik di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bahwa dari dua juta pecandu narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba), 90 persen adalah generasi muda, termasuk 25.000 mahasiswa. Karena itu, narkoba menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup bangsa.

Data dari Dokter Boyke Dian Nugraha yang mengungkapkan bahwa setiap tahunnya, sebanyak 1,3 juta gadis remaja Indonesia melakukan aborsi. Selain itu, sekitar 20 persen siswa SMP and SMA serta mahasiswa mengaku sudah pernah berhubungan seksual. Malahan, begitu kata Boyke sebagaimana dikutip oleh kantor berita Antara, sekitar 35 persen dari seluruh mahasiswa sebuah fakultas kedokteran swasta di Jakarta menyatakan mereka setuju pada seks di luar perkawinan. Naudzubillahimindzalik.

Dalam rangka menghadapi berbagai penyakit ini, perlu adanya suatu pembekalan dari dalam dengan ketrampilan, keimanan dan nilai-nilai Islam, sehingga setiap generasi muda khususnya kaum muslimin, memiliki tingkat imunitas yang tinggi terhadap serangan nilai-nilai asing yang destruktif, juga pembekalan ketrampilan (skill) yang menuntut pengembangan dalam wacana globalisasi yang semakin dekat penerapannya.

Untuk itu kami, menawarkan sebuah program KEDAPER (Kemah Da’wah Pelajar) yang menggabungkan antara materi pengembangan diri dan keislaman baik aqidah, akhlak maupun ibadah.

B.         DASAR PIKIR
Firman Allah SWT
Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah-lembut terhadap orang-orang mu'min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dihendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Sabda Rasulullah SAW.
"Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam menuntut ilmu, niscaya Allah akan membuatkan jalan baginya menuju surga."(HR. Ahmad)

C.         DASAR HUKUM
KEDAPER (Kemah Da’Wah Pelajar) adalah salah satu unit kegiatan dibawah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia.


D.         KEKHUSUSAN
·      Dikelola oleh kalangan akademisi yang concern dengan pembangunan dan pengembangan dunia kepemudaan (pelajar & mahasiswa)
·      Perspektifnya pembangunan karakter moral di kalangan pemuda dan pelajar
·      Bekerja dengan prinsip non profit dan non partisan.
·      Menggunakan metode interdisipliner
·      Proses kajian berorientasi pada aksi nyata.
·      Potensi yang digarap : keimanan, intelektual, ketrampilan / skill, fisik / jasadi, dan kepekaan sosial.
·      Metode pelatihan yang bervariasi, berupa materi, ceramah, cerita hikmah, diskusi, curhat, simulasi / games, dan sebagainya disesuaikan dengan materi.

E.          KARAKTERISTIK
·      Friendship (teman sebaya)
·      Kakak dan adik
·      3 F (Fun, Fresh, Focus)
·      Tutorial

F.          PROGRAM
·      Program Utama : Peningkatan kualitas sumber daya muslim dikalangan pelajar dan mahasiswa, baik aspek ruhani, jasmani, fikri, maupun mental emosional dengan metode yang islami yaitu Kemah Da’wah Pelajar disingkat KEDAPER.
·      Program Penunjang :
o  Pesantren Liburan
o  Kegiatan Outbond / EXPRES (Experiental Learning for Students)
o  Pelatihan Dasar Kepemimpinan Pelajar
o  Lomba – lomba antar pelajar
o  Seminar, dan lain-lain.

G.         BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan selama KEDAPER berlangsung :
·      Ice breaker
Mengantarkan peserta KEDAPER pada kondisi siap menerima ceramah dengan bentuk yang menarik.
·      Ceramah
Pemberian materi secara klasikal, sesuai dengan kurikulum yang di buat.
·      Diskusi / curhat
Komunikasi dua arah dilaksanakan dengan metode diskusi, curhat atau tanya jawab.
·      Simulasi
Memudahkan peserta untuk memahami materi dengan bentuk permainan.

H.         PELAPORAN
Untuk mengetahui kehadiran, perkembangan dan tingkat keseriusan peserta, kami membuat buku pelengkap mentoring. Buku pelengkap itu diantaranya :
·      Buku Absensi Peserta
Diberikan ke siswa untuk di paraf setiap kegiatan berlangsung.
·      Buku Evaluasi Respon Siswa
Dipegang oleh tutor setiap kelas untuk mengevaluasi respon siswa dengan grade :
A BAIK              Jika memperhatikan, banyak bertanya, tidak mengantuk dan menulis hal-hal yang penting.
B  CUKUP           Jika memperhatikan, jarang bertanya, tidak mengantuk dan menulis.
C  KURANG        Jika tidak memperhatikan, mengantuk, tidak / jarang menulis & bertanya.
D  BURUK          Jika mengantuk, ngobrol / mengganggu teman-temannya.
·      Buku Kaca Diri
Merupakan buku presensi penghubung siswa dan tutor, berisi komentar peserta, yaitu kata-kata yang berkesan yang memotivasi peserta, tindak lanjut yang ingin diubah dalam diri peserta, pesan-kesan untuk KEDAPER, dan hal baru yang diketahui peserta, yang diisi tiap peserta setiap kegiatan KEDAPER berlangsung.
·      Buku Laporan Kegiatan Tutor
Merupakan laporan kegiatan tutor selama mengisi materi di kelas yang bersangkutan.
Laporan akan diberikan secara periodik kepada sekolah pada periode tertentu sesuai kesepakatan

I.            WAKTU  Dan TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan diadakan pada tanggal 24-25 April 2010 sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sekolah, dan bertempat di Desa Savana Jaya.

J.          PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan adalah siswa-siswi muslim kelas 1, 2 dan 3. Yang berminat. Se-Kota Namlea.

K.         PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, semoga Allah SWT berkenan menjadikannya sebagai kerjasama yang penuh.


Ttd.
Hamiruddin, Muh. S. 
SekJen KAMMI Buru 

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Pencarian